Sistem Harga Pasar Persaingan Sempurna Beserta Kurfanya

04.27
Ada beberapa hal yang perlu kamu pelajari mengenai pasar persaingan sempurna yaitu pembentukan harga pasar persaingan sempurna dan harga pasar persaingan sempurna.

Pembentukan Harga pada Pasar Persaingan Sempurna


Pada pasar persaingan sempurna, pembentukan harga ditentukan oleh kekuatan tarik-menarik antara permintaan dan penawaran di pasar. Harga yang terbentuk benar-benar mencerminkan kegiatan penjual dan pembeli secara keseluruhan.

Ciri pasar persaingan sempurna yang pertama menyatakan, bahwa penjual dan pembeli berjumlah banyak sehingga secara perseorangan tidak mampu memengaruhi pasar.

Hal ini berarti berapa pun jumlah barang yang ditawarkan penjual, semuanya akan laku tanpa mengalami penurunan harga (harga tidak berubah), karena memang penjual dan pembeli secara perseorangan tidak akan mampu mengubahnya.

Keadaan tersebut digambarkan dengan kurva berikut.
Sistem Harga Pasar Persaingan Sempurna
Kurva yang dihadapi penjualsecara perseorangan
Dari kurva tersebut tampak bahwa berapa pun jumlah yang ditawarkan semuanya akan laku dengan harga yang tidak berubah, yakni sebesar OP.

Akan tetapi, bila pembeli dan penjual bertindak secara bersama-sama maka mereka akan mampu memengaruhi harga pasar. Contohnya, bila pembeli secara bersama-sama hanya bersedia membeli dengan harga rendah maka penjual terpaksa menjual dengan harga rendah.

Akan tetapi, akibatnya pembeli akan kesulitan mencari barang atau jasa yang diperlukannya karena hanya sedikit penjual yang mau menawarkan barang atau jasanya dengan harga serendah itu.

Dengan demikian, harga akan bertambah naik. Naiknya harga tentu akan menambah penawaran sehingga satu saat pada harga tertentu, jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan.

Harga pada posisi ini disebut dengan istilah Harga Keseimbangan. Singkat kata, dalam pasar persaingan sempurna harga yang terbentuk di pasar benar-benar merupakan hasil tarik-menarik antara permintaan dan penawaran.

Dan bila digambarkan, kurva permintaan dan penawaran akan berbentuk normal seperti berikut.
Sistem Harga Pasar Persaingan Sempurna
Kurva Permintaan dan Penawaran

Artikel Terkait

Previous
Next Post »