Pengertian, Contoh dan ciri ciri Sistem Ekonomi Liberal

20.31
Setelah mengetahui sistem ekonomi sosialis atau komando  maka pembahasan kali ini akan memabahas tentang negara yang menganut sistem ekonomi liberal, sistem ekonomi leberal, pengertian sistem ekonomi liberal, contoh sistem ekonomi liberal, ciriciri sistem ekonomi leberal, sistem ekonomi dan Pengertian ekonomi pasar.

Sistem Ekonomi Liberal


Apabila pada sistem ekonomi komando pemerintah yang memegang peran utama dalam mengatur kehidupan ekonomi maka pada sistem ekonomi liberal pengaturan kegiatan ekonomi sepenuhnya diserahkan pada masyarakat.

Masyarakatlah yang menentukan apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi.

a. Pengertian


Sistem ekonomi liberal adalah sistem ekonomi yang dimana semua kebijakan ekonomi di atur oleh masyarakat atau pasar, pemerintah tidak boleh ikut campur hanya saja boleh mengawasi.

Pengertian, Contoh dan ciri ciri Sistem Ekonomi Liberal
Bisa di bilang pada sistem ini segala kegiatan ekonomi akan ditentukan oleh kekuatan pasar, yakni kekuatan yang dibentuk oleh pertemuan antara permintaan dan penawaran.

Apabila seseorang ingin menguasai kekuatan pasar maka orang tersebut harus memiliki modal (kapital), teknologi, dan kemampuan wirausaha yang tinggi.

Sistem ekonomi leberal sesuai dengan pendapat Adam Smith yang sangat menghendaki adanya kebebasan pasar dan tidak menginginkan adanya campur tangan pemerintah.

Contoh Negara yang menganut sistem ekonomi libera adalah:

Sistem ekonomi liberal dianut oleh Amerika, Inggris, Jerman, Prancis, dan Jepang. Hanya saja pelaksanaan di negara-negara tersebut sudahdisesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing.

b. Ciri-ciri sistem ekonomi liberal adalah sebagai berikut.

a. Seluruh kegiatan ekonomi diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat.

b. Masyarakat bebas berusaha, berinovasi, dan berkreativitas dalammelakukan kegiatan ekonomi.

c. Hak milik perorangan diakui.

d. Kegiatan ekonomi ditujukan untuk mencari laba sebesar-besarnya (profit oriented).

e. Keikutsertaan pemerintah dalam kegiatan ekonomi sangat dibatasi.

f. Adanya persaingan antarpengusaha dalam mengejar keuntungan.

g. Harga-harga yang terjadi ditentukan oleh kekuatan pasar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »