Faktor Yang Mempengaruhi Pergeseran Kurva Penawaran

05.38
Setelah kemu mengetahui faktor yang memprngaruhi pergeseran kurva permintaan maka pembahasan kali ini akan membahas  tentang kurva penawaran dan faktor yang mempengaruhi kurva  penawaran.

Pergeseran Kurva Penawaran


Perubahan tingkat teknologi ke tingkat yang lebih modern bisa menggeser kurva penawaran dari SS ke S1S1. Dengan demikian, titik keseimbangan juga akan bergeser dari E ke E1.

Dari gambar tampak bahwa teknologi yang lebih modern telah menyebabkan Qd (jumlah yang ditawarkan) melonjak, sehingga kurva penawaran bergeser dari SS ke S1S1.

Pergeseran ini menggeser titik keseimbangan ke E1, dan harga keseimbangan pun tampak menurun (dari OP menjadi OP1).
Faktor Yang Mempengaruhi Pergeseran Kurva Penawaran
Kurva Penawaran
 Penawaran sendiri mempunyai hukum yang berbunyi
 “ apabila harga barang naik maka barang yang ditawarkan juga akan naik , dan jika harga barang turun maka barang yang ditawarkan juga akan turun “ . 
Berdasarkan hukum tersebut , dapat diartikan bahwa perubahan jumlah barang yang ditawarkan akan berubah seiring dengan perubahan harga , sehingga bentuk kurva hanya akan mengalami perubahan di sepanjang kurva penawaran ( supply curve ) .

Tetapi dalam suatu jangka waktu tertentu , Kurva penawaran tidak akan selalu berubah sepanjang kurva tersebut . tetapi akan mengalami suatu pergeseran .

Pergeseran itu sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal yang biasa disebut sebagai faktor – faktor penyebab bergesernya kurva penawaran ( factors that cause the supply curve to shift ) .

Faktor – faktor tersebut seperti :

1 . Harga Sumber Daya ( Price of Relevan Resources )

2 . Tekhnologi ( Technology )

3 . Jumlah Pembeli ( Number of Sellers )

4 . Ekspetasi Harga di Masa Depan Expectation of Future Prices )

5 . Pajak dan Subsidi Taxes and Subsidies )

6 . Kebijakan Pemerintah ( Government Restrictions )

Faktor – faktor tersebutlah yang dapat menyebabkan suatu kurva penawaran mengalami pergeseran . Untuk lebih memahami tentang hubungan antara faktor – faktor tersebut dan dampaknya terhadap pergeseran kurva , saya akan memberikan contoh dari suatu kegiatan ekonomi yang menyebakan pergeseran kurva penawaran tersebut .

Artikel Terkait

Previous
Next Post »