Macam - Macam Jenis Sumber Daya Alam dan Ekonomi

15.55
Pembahasan berikut ini akan lebih mengkaji tentang  jenis sumber daya alam, jenis jenis sumber daya alam, macam macam sumber daya alam, macam macam sumber daya, contoh sumber daya manusia, pengertian sumber daya, jenis jenis sumber daya, macam macam sumber daya ekonomi, contoh sumber daya, ekonomi sumber daya alam dan lingkungan dan conoth sumber daya ekonomi.

Kelangkaan Sumber Daya

Istilah lain dari sumber daya adalah faktor produksi. Sumber daya terdiri dari empat macam, yaitu alam, tenaga kerja, pengusaha, dan modal.

Sumber daya yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa bersifat langka atau terbatas. Kelangkaan tersebut bisa dijelaskan sebagai berikut.

1) Sumber Daya Alam

Sumber daya alam terdiri atas tanah, air, tumbuhan, kekayaan alam (minyak bumi, batubara, emas, panas bumi, dan lain-lain), serta iklim. Tanah, air, tumbuhan, dan kekayaan alam bersifat langka.

Kian hari tanah terasa kian sempit karena luas tanah tidak bertambah, sedangkan jumlah manusia terus bertambah. Air, terutama air bersih, saat ini secara umum sulit didapatkan dan pengadaannya memerlukan biaya.

Maraknya penjualan air kemasan atau air isi ulang menunjukkan bahwa air adalah barang langka dan harus dibeli. Iklim atau musim juga bersifat langka. Mengapa? Karena manusia tidak bisa mengatur datang dan perginya iklim.

Di Indonesia, umumnya musim hujan datang pada bulan November dan berakhir pada bulan April. Bila manusia menginginkan curah hujan yang lebih lama di seluruh wilayah Indonesia maka manusia tidak bisa memperpanjang musim hujan.

Manusia hanya mampu membuat hujan buatan yang sifatnya lokal dan memerlukan biaya besar. Sumber daya alam sesungguhnya dapat digolongkan menjadi dua.

Pertama, sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, seperti minyak bumi dan batubara. Kedua, sumber daya alam yang dapat diperbarui, seperti tumbuhan dan hutan.

Kedua sumber daya alam tersebut bersifat langka. Minyak bumi dan batu bara bisa habis, sedangkan tumbuhan dan hutan untuk memperbaruinya diperlukan waktu yang lama dan biaya yang banyak.

2) Sumber Daya Tenaga Kerja


Sumber daya tenaga kerja terdiri atas dua macam. Tenaga kerja jasmani dan tenaga kerja rohani. Tenaga kerja bersifat langka karena pengadaannya memerlukan biaya.

Macam - Macam dan Jenis Sumber Daya Alam dan Ekonomi
Tenaga kerja jasmani baru ada bila manusia sudah melakukan makan dan minum, sedangkan makanan dan minuman harus dibeli.

Tenaga kerja jasmani dilakukan oleh tukang becak, tukang angkat barang, tukang batu, dan sejenisnya. Tenaga kerja rohani seperti yang dilakukan dokter, akuntan, dan wartawan baru ada bila sudah mengikuti pendidikan khusus.

Sedangkan mengikuti pendidikan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena langka itulah maka jasa tukang becak, tukang angkat, dokter, pengarang, dan lain-lain harus dibayar.

3) Sumber Daya Pengusaha

Sumber daya pengusaha bersifat langka karena tidak semua orang mampu menjadi pengusaha. Untuk menjadi pengusaha orang harus mempunyai modal dan beberapa keahlian, di antaranya keahlian mengelola faktor-faktor produksi (manajerial skill), keahlian teknologi (technological skill), dan keahlian mengorganisasi berbagai usaha, kepentingan di dalam dan di luar perusahaan (organizational skill).

4) Sumber Daya Modal

Modal adalah semua barang hasil produksi yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa. Sumber daya modal bersifat langka karena kemampuan manusia untuk menghasilkan modal juga terbatas.

Contoh modal adalah mesin, gedung, peralatan perlengkapan, dan lain-lain.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »