8 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan dan Keingginan Manusia

15.46
Pembahasan kali ini akan membahas tentang, 8 penyebab kebutuhan setiap individu, faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia, faktor yang memoengaruhhi kebutuhan, faktor penyebab kebutuhan manusia berbeda kebutuhan dan keinginan, faktor faktor ekonomi, faktor yang mempengaruhi produksi dan keinginan manusia.

Faktor-Faktor Penyebab Perbedaan Kebutuhan



Kebutuhan setiap orang tidaklah sama. Kebutuhan orang yang tinggal di daerah panas tentu berbeda dengan kebutuhan orang yang tinggal di daerah dingin.

Kebutuhan seorang nelayan tentu berbeda dengan kebutuhan seorang guru. Berikut faktor-faktor yang menyebabkan kebutuhan setiap orang berbeda.
8 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan dan Keingginan Manusia

a. Faktor Keadaan Alam

Orang di daerah panas membutuhkan baju tipis agar tidak kepanasan, sebaliknya orang di daerah dingin (kutub) membutuhkan baju tebal agar tidak kedinginan.

b. Faktor Profesi

Seorang nelayan membutuhkan perahu dan jala untuk menangkap ikan. Akan tetapi, seorang guru tidak membutuhkan barang tersebut. Seorang guru membutuhkan buku-buku sebagai bahan ajar.

c. Faktor  Agama

Orang yang beragama Islam membutuhkan kain sarung, mukena, dan sajadah sebagai peralatan salat. Kebutuhan ini berbeda dengan orang yang beragama Kristen, Hindu, dan Budha.

d. Faktor Adat Istiadat

Setiap daerah memiliki adat istiadat yang berbeda. Adat istiadat yang berbeda menuntut kebutuhan yang berbeda.

Sebagai contoh: pesta perkawinan adat Betawi menuntut kebutuhan yang berbeda dengan pesta perkawinan adat Jawa.

e. Faktor Status Ekonomi dan Sosial

Orang kaya tentu memiliki kebutuhan yang berbeda dengan orang yang biasa-biasa. Umumnya orang kaya dalam membeli kebutuhan memerhatikan merek-merek tertentu, sedangkan orang yang biasa-biasa tidak.

f. Faktor Usia

Kebutuhan bayi berbeda dengan kebutuhan remaja, berbeda pula dengan kebutuhan orang lanjut usia.

g. Faktor Hobi

Orang yang memiliki hobi memancing membutuhkan pancing, sedangkan orang yang hobi bersepeda membutuhkan sepeda.

h. Faktor Peradaban

Orang yang tinggal di pedalaman dan suku-suku terasing memiliki kebutuhan yang berbeda dengan orang yang tinggal di masyarakat yang sudah modern.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »