Pengertian dan Macam-Macam Fungsi Otak Manusia (Otak Kanan, Kiri dan Depan)

16.13
Pembahasan kali ini akan membahas mengenai fungsi otak besar, fungsi otak besar, otak tengah, otak manusia, cara meningkatkan kinerja otak, cara melatih otak kanan, fungsi otak depan, kemampuan otak manusia, pengertian otak dan fungsi otak manusia.

Pengertian Otak

Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.(Wikipedia)

Fungsi Otak

Otak, seperti halnya organ yang lain terdiri dari bagianbagian yang berbeda. Tiap bagian memiliki fungsi yang berbeda-beda. Otak manusia terdiri dari tiga bagian utama.

Marilah kita melihat lebih seksama masing-masing bagian. Bagian-bagian yang dimaksud adalah cerebrum, cerebellum, dan medula oblongata. Cerebrum (otak besar) adalah bagian otak yang mengontrol pikiran, nalar, dan indera. Sebagian besar apa yang kamu lihat adalah cerebrum. Cerebrum merupakan bagian otak yang paling besar. Bagian ini memiliki lipatan-lipatan.

Cerebrum memiliki beberapa fungsi. Salah satu fungsinya adalah menyimpan pesan. Biasanya fungsi ini disebut memori. Cerebrum menerima pesan dari seluruh alat indera, misalnya bunyi yang mungkin diinterpretasikan sebagai musik, ketawa, atau bunyi peluit.

Penglihatan mungkin diinterpretasikan sebagai warna bunga yang cerah atau awan yang gelap. Cerebrum juga merupakan pusat kontrol otot. Pesan untuk gerakan tangan dan kaki dimulai dari cerebrum.

Pesan tentang sakit atau sentuhan berakhir pada cerebrum. Cerebrum juga mengontrol kepribadian. Beberapa fungsi cerebrum bersifat sadar. Sadar artinya dapat dikontrol. Sebagai contoh kamu memutuskan untuk menggerakkan kakimu, kemudian kamu melakukannya.
Pengertian dan Macam-Macam Fungsi Otak Manusia (Otak Kanan, Kiri dan Depan)


Macam-macam Fungsi Otak Manusia

1. Cerebrum dibagi menjadi belahan kiri dan kanan. Bagian kanan cerebrum mengontrol bagian kiri tubuh dan juga menerima pesan dari bagian kiri tubuh. Bagian kiri cerebrum mengontrol bagian kanan tubuh dan juga menerima pesan dari bagian kanan tubuh.

2. Cerebellum (otak kecil) adalah bagian otak yang membantu kamu bergerak secara lemah lembut dan gemulai tidak kaku seperti robot. Bagaimana ukuran cerebellum dibandingkan dengan cerebrum? Di mana cerebellum berlokasi, di depan atau di belakang kepalamukah?

Semua saraf yang masuk dan meninggalkan otak yang berasal dari dan menuju ke otot mengirim pesan ke cerebellum. Cerebellum membantumu agar tetap seimbang. Kerja cerebellum bersifat tidak sadar, artinya kamu tidak dapat Lab Mini 3.2

3. Bagian ketiga dari otak adalah medulla oblongata. Medulla oblongata tampaknya mirip dengan sumsum tulang belakang, tetapi fungsinya sangat berbeda.

Medulla oblongata adalah bagian otak yang berfungsi mengontrol denyut jantung, pernapasan, dan tekanan darah. Semua pekerjaan yang ditangani oleh medulla oblongata bersifat di luar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »