Pengertian Serta Contoh Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif Alami dan Buatan

13.26
Setelah kamu mempelajari macam-macam perkembangbiakan tumbuha, maka kali ini akan memperdalam pembanhasan mengenai perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan, vegetatif alami, cara perkembangbiakan tumbuhan, perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif, contoh tumbuhan tunas, contoh umbi batang, tumbuhan berkembang biak dengan tunas, perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami, contoh tumbuhan vegetatif, contoh tumbuhan umbi lapis, perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan, cara reproduksi aseksual tumbuhan, dan contoh perkembangbiakan vegetatif.


Perkembangbiakan vegetatif

Apa yang kamu ketahui tentang perkembangbiakan vegetatif?

Pengertian Vegetatif

Perkembangbiakan secara vegetatif adalah perkembangbiakan yang tidak melibatkan sel kelamin atau tidak terjadi perkawinan. Perkembangbiakan ini disebut perkembangbiakan aseksual. Ada dua macam perkembangbiakan vegetatif, yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan.

Macam-Macam Perkembangbiakan Vegetatif

a. Vegetatif alami

Perkembangbiakan vegetatif alami terjadi apabila berlangsung sewajarnya tanpa campur tangan manusia. Alat reproduksi vegetatif alami adalah sebagai berikut.

  1. Tunas, adalah tumbuhan muda yang baru tumbuh di ujung batang atau ketiak daun. Ada dua macam tunas, yaitu tunas adventif dan tunas biasa. Tunas adventif adalah tunas yang keluar selain dari ujung batang dan ketiak daun. Contohnya tunas pisang, cocor bebek, dan bambu. Sedangkan tunas biasa adalah tunas yang tumbuh pada ketiak daun dan ujung batang.
  2. Umbi, adalah tempat untuk menyimpan makanan. Selain itu, umbi juga dapat digunakan sebagai alat perkembangbiakan. Pernahkah kamu melihat kebun ketela rambat, kentang, dan bawang? Ketela rambat, kentang, dan bawang mempunyai umbi. Umbi pada tumbuhan ini digunakan untuk alat perkembangbiakan dan tempat cadangan makanan.
  3. Rhizoma, adalah batang yang menjalar di bawah permukaan tanah. Cotohnya laos, kencur, dan jahe.
  4. Stolon, adalah batang yang menjalar di atas permukaan tanah. Contohnya pegagan, arbei, dan rumput teki.


b. Vegetatif buatan

Perkembangbiakan dengan cara vegetatif buatan sering dilaksanakan untuk pembudidayaan tanaman. Misalnya mencangkok, merunduk, dan menyambung.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »