Pengertian Cara Reproduksi dan Perkembangbiakan Pada Tumbuahan Secara Generatif

04.38
Pembahasan kali ini akan membahas mengenai perkembangbiakan generatif, perkembangbiakan tumbuhan secara generatif, perkembangbiakan generatif pada tumbuhan, cara perkembangbiakan tumbuhan, reproduksi generatif pada tumbuhan dan perkembangbiakan cocor bebek.



Perkembangbiakan secara generatif

Perkembangbiakan generatif disebut juga dengan perkembangbiakan seksual, karena melibatkan sel-sel kelamin. Perkembangbiakan tersebut dimulai dengan peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina yang kemudian menghasilkan zigot.

Zigot berkembang menjadi individu baru. Perkembangbiakan pada tumbuhan didahului dengan peristiwa penyerbukan, kemudian diiringi peristiwa pembuahan. Apa yang dimaksud dengan penyerbukan?

Penyerbukan adalah peristiwa sampainya serbuk sari ke kepala putik. Sampainya serbuk sari ketujuannya dibantu oleh angin, burung, serangga, kelelawar, air, dan manusia. Sedangkan pembuahan adalah peleburan antara sel sperma dan sel telur yang akan menghasilkan zigot dan berkembang menjadi individu baru yang memiliki sifat bervariasi di antara kedua induknya.

Pengertian Perkembangbiakan Generatif

Pembiakan generatif (reproduksi generatif) adalah perkembangbiakan tumbuhan secara kawin atau seksual. Proses perkembangbiakan generatif ini membutuhkan alat kelamin jantan dan alat kelamin betina. Baik tumbuhan ataupun hewan dapat mengalami pembiakan secara generatif ini.

Kamu telah mengetahui apa itu perkembangbiakan vegetatif dan generatif pada tumbuhan. Adakah perbedaan antara perkembangbiakan vegetatif dan generatif? Coba kamu perhatikan tabel berikut.

Keuntungan dan Kerugian Perkembangbiakan secara generatif

keuntungan: tidak mudah tumbang, tidak mudah terserang penyakit

kerugian: lama waktu untuk menghasilkan buah, sifat anak belum tentu sama dengan induk

Keuntungan dan kerugian perkembangbiakan tumbuhan secara Vegetatif

Keuntungan: waktu berbuah cepat, sifat anak sama dengan sifat induk

Kerugian: mudah tumbang, mudah diserang penyakit.

Perkembangbiakan vegetatif dan generatif juga terjadi di hewan. Hewan-hewan tingkat rendah dapat berkembang biak secara vegetatif dengan cara membelah diri, yaitu pemisahan induk menjadi dua individu baru atau lebih yang ukurannya hampir sama.

Amoeba berkembang biak dengan cara membelah diri. Masih ingatkah kamu bahwa amoeba termasuk invertebrata? Pada vertebrata juga terjadi perkembangbiakan untuk melestarikan jenisnya. Vertebrata berkembang biak secara generatif.

Perkembangbiakan generatif pada vertebrata terjadi secara periodik dan mempunyai siklus yang jelas. Hal ini sangat memungkinkan hewan untuk menghemat energi dan menghasilkan keturunan untuk kelangsungan hidup keturunannya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »